07 April 2013

7.4.13

MENGENAL CAMPURAN WARNA

Masih ingatkah Anda saat masih sekolah di tingkat SD, yaitu pada pelajaran menggambar atau Seni Rupa, kita pernah belajar tentang dasar-dasar warna? Saya ingat sekali itu karena saya termasuk manusia yang suka beragam corak warna dari sejak duduk di bangku TK. Namun saya seringkali kehabisan stok warna cat air saya. Nah, dengan mengetahui dasar-dasar warna saat di bangku sekolah saya tidak lagi takut kehabisan kolaborasi warna apapun. Terutama saat naik ke bangku SMP saya makin senang belajar mewarnai.

Artikel ini hanya mereview saja bagi kita tentang MENGENAL dasar warna, yang mungkin bagi sebagian orang sangat membosankan. Apalagi untuk bisa dan mahir menyerasikan warna. KARENA kita harus mempelajarinya SECARA lebih mendetail. Karena tanpa belajar dasar warna mana bisa pintar memilih dan menyerasikan warna. Lebih jauhnya menjadi mahir memadukan dan mendapatkan campuran warna yang variatif sesuai dengan tujuan dan kebutuhan pewarnaan.

Perhatikan lagi gambar roda warna di atas! 

Perlu diketahui oleh sahabat, bahwa ada 3 warna dasar (primary), yaitu:
  1. merah, 
  2. kuning, dan 
  3. biru
Apabila ketiga warna ini di atur tingkat kegelapannya, maka akan di hasilkan warna-warna lain. Kita juga dapat melihat, bahwa warna hitam merupakan tingkat kegelapan yang maksimal dari warna apapun. Sedangkan putih adalah warna tingkat kecerahan yang maksimal dari warna apapun.

Apabila kita mencampurkan 2 warna dasar tadi, maka akan di hasilkan warna sekunder (secondary).
Contoh: 
  1. Merah+Kuning = Orange, 
  2. Biru+Kuning = Hijau, dan
  3. Merah+Biru = Ungu
Kemudian, apabila ketiga warna sekunder ini kita atur tingkat kegelapannya, akan di hasilkan warna turunan lainnya.
Ada lagi yang di sebut warna tersier (tertiary), yaitu apabila warna sekunder dicampur dengan satu warna primer di sebelahnya dari roda warna tersebut. 
Contoh: 
  1. Hijau+Biru atau Kuning = Biru-Hijau atau Kuning-Hijau  
  2. Orange+Merah atau Kuning = Merah-Orange atau Kuning-Orange 
  3. Kemudian satu lagi Ungu+Merah atau Biru = Merah-Ungu atau Biru-Ungu.   
Catatan: semua didapat dengan mencampurkan dan mengatur kadar kegelapannya.
Nah, jadi dari sinilah sebenarnya dihasilkan warna-warna yang ada di alam semesta. Perlu diingat juga bahwa warna primer dan sekunder yang bersebelahan dalam roda warna adalah saling beranalogi satu dengan yang lainnya. Warna analog dari Biru = Hijau dan Ungu warna analog dari Orange = Merah dan Kuning.

Semoga bermanfaat !

Oleh: El-Fahmy Noer
Newer Post
Previous
This is the last post.

0 komentar Anda:

أشكر شكرا جزيلا والسّلام عليكم ورحمة الله وبركاته Jangan Lupa Share Sama Anak Sukamanah Yang BelOm Nyaho Blog ini Juga Sama Para Alumnus Yang Haus Informasi. Dan Kalo Sobat Punya Karya Kirim z Lewat email ini : senisantri@gmail.com atau datang z langsung ke Ruang Kesenian Lt.3 Madrasah lama, ok!(ditunggu yach!!)
S4guru-S4elmu©2015. Powered by Blogger.