04 May 2013

4.5.13




"Nasyid adalah salah satu Seni Islam dalam bidang seni suara. Biasanya merupakan nyanyian yang bercorak Islam dan mengandung kata-kata nasihat, kisah para Nabi, memuji Allah, dan yang sejenisnya. Biasanya nasyid dinyanyikan secara Acappela dengan hanya diiringi gendang. Metode ini muncul karena banyak ulama Islam yang melarang penggunaan alat musik kecuali alat musik perkusi"


1. SEJARAH NASYID

Nasyid berasal dari bahasa Arab yang berarti senandung. Kata ini mengalami Penyempitan makna dari senandung secara umum, menjadi senandung yang bernafaskan Islam. Nasyid dipercaya sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad. Syair thola'al badru 'alaina (yang artinya telah muncul rembulan di tengah kami)yang kini kerap dinyanyikan oleh tim qosidah dan majelis ta'lim, adalah syair yang dinyanyikan kaum Muslimin saat menyambut kedatangan Rasulullah SAW ketika pertama kali Hijrah ke Madinah. Nasyid kemudian berkembang seiring dengan situasi dan kondisi saat itu. Misalnya nasyid di Timur Tengah yang banyak mengumandangkan pesan Jihad maupun perlawanan terhadap Imperialisme Israel lebih banyak dipengaruhi oleh situasi politik yang ada saat itu.

2. NASYID DI INDONESIA

Nasyid mulai masuk ke Indonesia sekitar era tahun 80-an. Perkembangannya pada awalnya dipelopori oleh aktivis-aktivis kajian Islam yang mulai tumbuh di kampus-kampus pada masa itu. Pada awalnya yang dinyanyikan adalah syair-syair asli berbahasa Arab. Namun akhirnya berkembang dengan adanya nasyid berbahasa Indonesia dan dengan tema yang semakin luas (tidak hanya tema Syahid dan Jihad). Biasanya nasyid dinyanyikan dalam pernikahan, maupun perayaan hari besar umat Islam.

3. NASYID KONTEMPORER



Generasi baru artis nasyid memakai beberapa varian instrumen musik dalam seni mereka. Banyak diantara para artis baru adalah non-Arab dan bernyanyi dalam bahasa yang berbeda, seperti dan Turki. Beberapa band nasyid telah muncul, seperti Native Deen, Outlandish dan Raihan. Artis-artis terkenal lainnya seperti, Sami Yusuf, Junaid Jamshed, Maher Zain, Mesut Kurtis, dan Zain Bhikha, serta ANI, satu-satunya penyanyi pop Islami berbahasa Inggris.

Untuk para artis nasyid Arab, yang terkenal adalah seperti Abu Mazen, Abu Rateb, Abu Aljoud, Abu Dujana, Abdulfattah Owainat, dan banyak lagi. Beberapa band nasyid Arab seperti Al-Rawabi, Al-I`tisham, Al-Baraa`, Al-Wa`ad dan banyak lagi juga telah muncul.

Menyambut pertumbuhan Muslim yang signifikan, banyak artis dan band nasyid telah tampil di depan komunitas Muslim di Eropa dan Amerika, di konferensi, perayaan hari besar Islam, konser dan acara amal lainnya, termasuk di Islamic Society of North America, Celebrate Eid dan Young Muslims. Artis dan organisasi lain termasuk http://www.Nasheedbay.com menawarkan lagu-lagu nasyid tanpa instrumen musikal, membawa arus berbeda di trend masa kini dimana musik nasyid dimonopoli instrumen.

sumber:http://wikipedia.org dengan tambahan yang diperlukan.

0 komentar Anda:

أشكر شكرا جزيلا والسّلام عليكم ورحمة الله وبركاته Jangan Lupa Share Sama Anak Sukamanah Yang BelOm Nyaho Blog ini Juga Sama Para Alumnus Yang Haus Informasi. Dan Kalo Sobat Punya Karya Kirim z Lewat email ini : senisantri@gmail.com atau datang z langsung ke Ruang Kesenian Lt.3 Madrasah lama, ok!(ditunggu yach!!)
S4guru-S4elmu©2015. Powered by Blogger.