12 October 2013

12.10.13
NAMA SUKAMANAH

‘’Sukamanah adalah tempat berhijrah dari satu takdir Allah menuju takdir Allah lainnya yang lebih baik.’’ (admin)
      Sukamanah yang satu ini bukanlah nama Sukamanah yang berada di wilayah Bandung jawa barat. Tapi Sukamanah yang satu ini adalah Sukamanah yang sejak awal dikenal sebagai nama dari sebuah lembaga pesantren di pelataran wilayah Singaparna Kab. Tasikmalaya. Pesantren ini muncul pada tahun 1927 dan berkembang sangat pesat oleh seorang Kyai Haji bernama Zainal Mustafa; yang hidup mulia dan mati sebagai syuhada dan diangkat sebagai Pahlawan Bangsa. Tepatnya pada tanggal 6 Nopember 1972, Kyai Haji Zainal Mustafa ini diangkat sebagai Pahlawan Pergerakan Nasional dengan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 064/TK/Tahun 1972. 


      Ternyata bila kita berkaca pada sejarah, nama Sukamanah ini rupanya sudah lama harum melangit dikenal dunia. Baik pada masa penjajahan Belanda maupun pada masa penjajahan Jepang. Namun tidak begitu banyak orang yang mau mengungkap sejarah Sukamanah lalu membukukannya.  Padahal kita tahu ada semboyan ‘’jas merah’’ artinya jangan sekali-kali melupakan sejarah. Dan mengenal siapa itu Zainal Mustafa, orang Tasikmalaya sendiri mirisnya kini hanya tahu KHZ. Musthafa itu sebagai sebuah nama jalan saja. Panjang jalannya kurang lebih sekitar 5 km terbentang dari arah utara, mulai dari Jalan Otto Iskandar Dinata (Otista) depan Masjid Agung Kota Tasikmalaya dan berakhir di perempatan Padayungan Jalan Siliwangi arah selatan. Dan kini Jalan KHZ. Mustofa sudah identik dengan pusat perbelanjaan saja. 

 Kembali lagi pada Sukamanah, menurut sumber terpercaya awalnya perjuangan pendidikan di pesantren ini vacum beberapa tahun usai perjuangan pada tanggal 1 Rabi’ul Awal 1363 H /25 atau pada Pebruari 1944 usai shalat jumat. Sukamanah yang ada saat itu hanya merupakan puing-puing bangunan perjuangan bersejarah. Sebelum akhirnya Pesantren ini mampu hidup dan bangkit kembali oleh Bapak Kyai Haji Muhammad Fuad Muhsin (rahimahullah). Beliau di awal perjuangannya membangun kembali pesantren Sukamanah dimulai sejak dinikahkan pada salah seorang putri Kyai Haji Zainal Musthafa yang akrab disebut ummi oleh para santri. Dalam menjalankan perjuangnnya ini Pak Fuad begitu sapaan akrabnya tidaklah sendiri. Beliau berjuang bersama Kyai U. Abdul Aziz (rahimahullah) adik kandung KH. Zainal Musthafa sendiri sejak tahun 1950-an. Hingga akhirnya Sukamanah kembali hidup dengan pengajian dan didatangi banyak santri dari beragam daerah di nusantara. Dan kini perjuangan pendidikan Pesantren Sukamanah ini dipimpin oleh putra cikal beliau bernama KH. Drs. A. Thahir Fuad.

Oh iya usut punya usut, katanya nama Sukamanah ini awalnya memang cuma nama pesantren saja. Akan tetapi seiring maju dan berkembangnya pesantren, nama kampung Cikembang tempat berdirinya lembaga ini akhirnya  beralih nama juga menjadi nama kampung Sukamanah mengikuti nama Pesantrennya. Alamat yang paling tepat untuk menunjukkan keberadaan wilayah ini dapat dikunjungi adalah Jl. Makam Pahlawan Nasional KH.Zainal Musthafa Sukamanah Sukarame Tasikmalaya. Dan untuk berkirim surat atau barang kode posnya yaitu, 46461. Sementara untuk No. Telepon pesantrennya yaitu, (0265) 542402 – 545835. Sedangkan untuk transparansi informasi siapapun bisa mengunjungi situsnya lewat internet Pst. Perguruan KHZ Musthafa Sukamanah.
Hmm.. Rasanya ini cukup untuk membuka wawasan awal Sahabat S4 mengenai Nama Sukamanah. Sampai jumpa pada kajian berikutnya semoga bermanfaat. Syukron..
  • Referensi:

 

0 komentar Anda:

أشكر شكرا جزيلا والسّلام عليكم ورحمة الله وبركاته Jangan Lupa Share Sama Anak Sukamanah Yang BelOm Nyaho Blog ini Juga Sama Para Alumnus Yang Haus Informasi. Dan Kalo Sobat Punya Karya Kirim z Lewat email ini : senisantri@gmail.com atau datang z langsung ke Ruang Kesenian Lt.3 Madrasah lama, ok!(ditunggu yach!!)
S4guru-S4elmu©2015. Powered by Blogger.