07 September 2014

7.9.14
1. APA ITU DROPBOX
Kali ini izinkan saya sebagai admin blog untuk berbagi info seputar Dropbox bagi sahabat S4 yang budiman. Baik untuk sekedar menambah wawasan atau untuk benar-benar ingin menggunakan fasilitas yang ditawarkannya. Baik langsung saja, Dropbox adalah layanan penyedia data berbasis web yang dioperasikan oleh Dropbox, Inc. Dropbox menggunakan sistem penyimpanan berjaringan yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan berbagi data serta berkas dengan pengguna lain di internet menggunakan sinkronisasi data.

Dropbox didirikan pada tahun 2007 oleh lulusan Massachusetts Institute of Technology (MIT) Drew Houston dan Arash Ferdowsi dengan modal awal yang didapat dari Y Combinator. Dropbox menyediakan layanan baik gratis ataupun berbayar, masing-masing dengan keuntungan yang bervariasi.Pada tahun 2011 Dropbox juga meluncurkan "Dropbox for Teams", sebuah layanan dari Dropbox yang dikhususkan untuk kelompok bisnis atau kelompok lainnya yang membutuhkan layanan untuk mengendalikan administrasi, tagihan yang terpusat, dan lain sebagainya. "Dropbox for Teams" tetap tersedia di situs web, namun harga yang ditawarkan berbeda dengan layanan Dropbox lainnya.
Bila dibandingkan dengan layanan serupa lainnya, Dropbox menawarkan jumlah pengguna yang relatif besar, dengan penggunaan sistem operasi yang bervariasi, baik untuk perangkat mobile ataupun desktop. Terdapat berbagai versi untuk berbagai sistem operasi, termasuk untuk Microsoft Windows, Mac OS X, dan Linux (resmi atau tidak resmi). Dan tersedia juga berbagai versi untuk perangkat mobile, diantaranya Android, Windows Phone 7, iPhone, iPad, WebOS, dan Blackberry, dan klien yang berbasis web. Dropbox menggunakan model finansial Freemium, dan layanan gratisnya menyediakan 2 GB penyimpanan online gratis. Para pengguna yang menyarankan Dropbox ke orang lain bisa meningkatkan kapasitas penyimpanan hingga 8 GB. Kompetitor utama dari Dropbox antara lain, Box.net, FilesAnywhere, CloudMe, CrashPlan, Egnyte, iCloud, Mozy, SpiderOak, SugarSync, TitanFile, Ubuntu One, Windows Live SkyDrive, Wuala dan ZumoDrive. 

2. SEJARAH DROPBOX
Pendiri Dropbox, Drew Houston memperoleh ide mengenai Dropbox setelah USB Drive miliknya beberapa kali tertinggal ketika ia menjadi murid di MIT. Ia mengatakan bahwa layanan yang tersedia saat itu bermasalah dengan penggunaan internet yang tidak dimaksimalkan, ukuran data yang besar, banyaknya error dan kesalahan, serta tidak praktis dan membingungkan banyak orang. Ia lalu mulai menciptakan sesuatu untuk dirinya sendiri, namun lalu menyadari bahwa hal ini dapat menguntungkan orang lain yang memiliki masalah yang sama. Houston lalu mendirikan Dropbox, Inc. pada tahun 2007, dan tidak lama setelah itu mendapatkan dana awal dari Y Combinator. Dropbox secara resmi diluncurkan pada acara TechCrunch50, sebuah konferensi teknologi tahunan pada tahun 2008. 
Dikarenakan adanya perselisihan mengenai merek dagang antara Evenflow (perusahaan yang membawahi Dropbox) dan Proxy, Inc., nama domain resmi dari Dropbox adalah "getdropbox.com" hingga Oktober 2009, lalu kemudian akhirnya mereka berhasil memperoleh nama domain mereka saat ini, "dropbox.com".
Di Laporan Pangsa Pasar Desember 2010, OPSWAT melaporkan bahwa Dropbox telah menguasai 10,41% dari pasar Backup Client di seluruh dunia, berdasarkan angka instalasI Dropbox. Pada Mei 2011, Dropbox melangsungkan penawaran dengan penyedia layanan mobile dari Jepang, Softbank dan Sony Ericsson. Salah satu bagian dari perjanjian tersebut adalah Dropbox akan tersedia di perangkat mobile mereka. Setahun sebelumnya, pada Mei 2010, pengguna Dropbox di Cina kesulitan dalam mengakses Dropbox. Tidak lama kemudian, Dropbox mengkonfirmasi bahwa mereka telah diblokir di Cina. Bila melihat fakta bahwa banyak dari penyensoran di Cina terjadi pada layanan populer dan memiliki nama besar, maka hal ini dapat menjadi bukti betapa pesatnya popularitas Dropbox dan banyaknya pengguna dalam ranah internasional. Dan pada Oktober 2011, Dropbox telah memiliki lebih dari 50 juta pengguna.

3. RESEPSI
Dropbox banyak dipuji oleh banyak media massa, termasuk didalamnya adalah The Economist, The New York Times, PC Magazine, and The Washington Post, untuk desain yang sederhana dan kemudahan penggunaan. Dropbox juga telah menerima beberapa penghargaan, yaitu The Crunchie Award pada tahun 2009 untuk kategori Aplikasi Internet Terbaik, dan Macworld's Editor's Choice Award pada tahun 2009. Dropbox juga dinominasikan untuk Webby Award pada tahun 2010, dan untuk Mac Design Awards tahun 2010 oleh Ars Technica.
Dropbox telah diberi gelar sebagai web pemula paling bernilai kelima di dunia, setelah Facebook, Twitter, Zynga, dan Groupon. Dropbox juga telah disebut-sebut sebagai investasi terbaik dari Y Combinator dan termasuk kedalam 10 aplikasi iPhone terpopuler sepanjang masa, menurut TechCrunch.
Drew Houston diberi gelar sebagai wirausaha teknologi terbaik menurut Business Week, ia dan pendiri lainnya Arash Ferdowsi disebut sebagai top 30 wirausaha berusia dibawah 30 oleh inc.com. Pada Januari 2012, perusahaan Dropbox dianugerahi sebagai pemula tahun ini oleh TechCrunch.Dropbox pernah dikritik oleh seorang ilmuwan keamanan independen bernama Derek Newton, yang berargumen bahwa autentikasi arsitektur dari Dropbox dianggap tidak cukup aman. Kritik lain muncul dari seorang ahli perangkat lunak Miguel de Icaza yang mengklaim bahwa persyaratan pelanggan yang dibuat oleh Dropbox berlawanan dengan kebijakan privasi, dan pernyataan Dropbox yang terkenal yaitu, "karyawan Dropbox tidak bisa dan tidak diperbolehkan untuk mengakses data pengguna" adalah kebohongan.
Pada tanggal 20 Juni 2011, seluruh akun Dropbox dapat diakses secara bebas tanpa perlu memasukkan kata sandi selama jangka waktu 4 jam, seperti yang dilaporkan oleh TechCrunch. Kekeliruan ini disebabkan oleh perbaharuan kode yang dilakukan pada pukul 1.54 siang Waktu Pasifik. Kesalahan ini dideteksi pada pukul 5.41 sore dan secepatnya diatasi. Kurang dari 1 persen pengguna Dropbox melakukan login pada waktu itu. Seluruh akun yang telah dikompromikan telah diberitahu lewat surat elektronik. Peristiwa ini berdampak pada tuntutan hukum pada Dropbox yang dilancarkan oleh Christina Wong dari Los Angeles, dan ia mengklaim pelanggaran akan California Unfair Competition Law. Gugatan ini telah tercatat atas Wong et al. v. Dropbox Inc., No. 11-CV-3092-LB, (N.D. Cal. June 22, 2011). Perkara hukum ini rencananya akan ditangani oleh Hakim AS Laurel Beeler.

4. DEMOGRAFIS PENGGUNA DROPBOX
Pluralitas pengguna Dropbox di Amerika Serikat (32,7 %), lalu pengguna dari Inggris sebanyak 6,7% dan dari Jerman sebanyak 6,5%. 66,1% pengguna Dropbox hanya menggunakan Windows, 20,9 % hanya menggunakan Mac OS, 2,0% hanya menggunakan Linux, dan sisanya menggunakan kombinasi dari tiga sistem operasi tersebut.

Terimaksih atas kunjungan sahabat hebat S4!

#Informasi berharga ini saya dapatkan dari Wikipedia. Jika Sahabat S4 ingin membaca sendiri lebih lanjut silahkan klik tautan berikut ini : Dropbox in Wikipedia

0 komentar Anda:

أشكر شكرا جزيلا والسّلام عليكم ورحمة الله وبركاته Jangan Lupa Share Sama Anak Sukamanah Yang BelOm Nyaho Blog ini Juga Sama Para Alumnus Yang Haus Informasi. Dan Kalo Sobat Punya Karya Kirim z Lewat email ini : senisantri@gmail.com atau datang z langsung ke Ruang Kesenian Lt.3 Madrasah lama, ok!(ditunggu yach!!)
S4guru-S4elmu©2015. Powered by Blogger.