29 April 2013

29.4.13
      
         Seperti yang telah kami rencanakan bahwa pada artikel ketiga ini akan dikupas arti kata seni. Nah, apa kalian sudah tahu apa itu seni? Buat Kalian yang sudah tahu mohon tahan dulu ya. Apalagi yang pakar seni atau seniman tapi buat yang mau sok tahu jangan terlalu dipaksakan, biarkan saja artikel ini dulu yang bercerita. Oke!!

         Dewasa ini apabila kita ngobrol-ngobrol tentang seni di luar sana, umumnya masyarakat ternyata hanya tertarik dengan seni yang lebih populer seperti seni musik dan seni peran. Ini semua tidak lepas karena tingkat penerimaan yang meluas bagi kedua cabang seni tersebut. Terlebih, seni musik dan seni peran ini mempunyai inpaq yang tidak sedikit pada publik. Nama kecil atau besar tidak masalah asalkan benar-benar menguasainya maka mereka akan begitu mudah tampil dan beraksi di depan publik, baik itu anak kecil, remaja, dewasa maupun golongan tua.
       Lalu, apa sebenarnya yang dinamakan ‘seni’ itu sendiri? Terlalu banyak kupasan dan pendefinisian mengenai seni, baik melalui tokoh-tokoh sejagat maupun tokoh seni lokal. Baik kupasan berlandaskan estetika semata ataupun pengertian seni yang dapat dikutip melalui kacamata agama. Ini melambangkan betapa luasnya arti seni itu sendiri karena manusia yang normal pada dasarnya amat senang dengan sesuatu yang mempunyai nilai-nilai dan unsur seni.
        Baik, sebelum kita merujuk pada pendapat para pakar kami ingin menampilkan pembendaharaan istilah seni pada beberapa bahasa di dunia. Perhatikan tabel berikut ini: 


Beragam Istilah Seni Berdasar Beragam Bahasa Sasaran
Bahasa Sasaran Berarti Seni
English Art
Italia Arte 
Belanda Art/Kunst;
Jerman Art/Kunst;
Turki Sanat ;
Francis I’art;
Spanyol
Del Arte/El Arte; 

           Nah, Sahabat S4 yang budiman sekarang kita ke beragam definisi seni menurut para pakar ternama. Kira-kira apa saja, silahkan baca sendiri dengan teliti!
1. Menurut Aristoteles kata seni seni didefinisikan sebagai peniruan terhadap alam tetapi sifatnya harus ideal.
2. Menurut platto & Rousseau seni adalah hasil peniruan alam dengan segala seginya.
3. Menurut Ki Hajar Dewantara seni itu segala perbuatan manusia yang timbul dari perasaan dan sifat indah, sehingga menggerakkan jiwa perasaaan manusia.
4. Ahdian Karta Miharja seni itu merupakan kegiatan rohani yang merefleksikan realitas dalam suatu karya yang bentuk dan isinya mampu membangkitkan pengalaman tertentu dalam rohani penerimanya.
5. Menurut Herbert Read dalam buku, The Meaning of Arts. Kata seni didefinisikan sebagai penghasilan bentuk rupa yang menimbulkan keceriaan, keseronokan dan kesenangan estetik (Art is Expression).
       Kesenangan estetik di sini maksudnya merujuk kepada konsep kesenangan dengan terhasilkannya kesan atas dasar penghayatan terdalam terhadap keindahan seni visual itu. Kepuasan, kenikmatan, kesukaan dan kegembiraan juga termasuk di dalam kesenangan ini.
       Kesimpulannya, dari sudut pandangan manapun, seni itu ditinjau, maka seni merupakan sesuatu yang erat kaitannya bahkan merapat dengan estetika dan keindahan. Karena estetika dan keindahan mampu membuat mata terpukau dan hati terpesona. Apalagi karena menghayatinya dengan segenap pancaindera yang ada.
         Sebetulnya masih banyak lagi definisi seni menurut para pakar itu. Tetapi tidak semua dimuat, maafin z yach! Jadi, demikianlah artikel ke-3 ini coba kami muat, semoga bermanfaat dan menambah amal timbangan kami di akhirat. Amin!

0 komentar Anda:

أشكر شكرا جزيلا والسّلام عليكم ورحمة الله وبركاته Jangan Lupa Share Sama Anak Sukamanah Yang BelOm Nyaho Blog ini Juga Sama Para Alumnus Yang Haus Informasi. Dan Kalo Sobat Punya Karya Kirim z Lewat email ini : senisantri@gmail.com atau datang z langsung ke Ruang Kesenian Lt.3 Madrasah lama, ok!(ditunggu yach!!)
S4guru-S4elmu©2015. Powered by Blogger.