12 April 2013

12.4.13
KATA SANGGAR 
     Pada artikel kajian pertama ini kami ingin mencoba mengangkat arti kata sanggar pada rekan pembaca semuanya. Karena menurut kami tidak banyak orang tahu ketika ditanya apa itu sanggar. Meskipun ada juga yang sudah tahu betul apa itu sanggar dalam persfektif mereka. Sehingga mereka mampu berstitment dengan bijak apa itu sanggar, hanya saja itu jarang. Jadi menurut hemat kami patut kiranya kami mengulas arti kata sanggar demi menambah khazanah keilmuan kita semua. Apalagi pada blog ini kami menyematkan kata sanggar.
    Sebelum membahas lebih lanjut arti kata sanggar, terlebih dahulu kami memulai perburuan mencari asal kata sanggar dan apa saja istilah sanggar apabila masuk pada beragam bahasa di dunia. Maka penulusuran kami tertuju pada beragam literatur dalam mencari tentang dari manakah asal kata sanggar. Dan hasilnya adalah kata sanggar itu ada dan dikenal di Indonesia. Dan kata sanggar bila di sepadankan dengan beberapa bahasa di dunia bisa dilihat dalam tabel berikut ini: 
Beberapa Bahasa Sasaran Yang Berarti Sanggar
Bahasa Sasaran Berarti Sanggar
English Studio
Spanish Estudio
German
Atelier
French Studio de
Italian Monolocale
Korean 스튜디오
Hindi स्टूडियो
Chinese 工作室
Malay Sanggar
     Bila dicermati secara seksama ternyata bahasa yang sepadan dengan sanggar di beberapa bahasa Negara di dunia itu berbeda satu dengan yang lainnya meski ada juga yang hamper sama. Seperti Inggris, Francis dan dan Spanyol yang notabene bahasa mereka serumpun dari Bahasa Latin. Hanya saja ada satu yang sama persis dengan Bahasa Indonesia untuk istilah sanggar yaitu Bahasa Malaysia. Mungkin karena secara historis bahasa kita dan Malaysia serumpun dari Bahasa Melayu.
     Kajian kami berikutnya berlanjut ke dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Menurut KBBI kata sanggar itu merupakan kata benda (noun), maka sanggar artinya tempat untuk kegiatan seni baik tari, lukis dan musik secara umum. Maka kita mengenal istilah sanggar musik, sanggar tari dan sanggar seni. Dan bila digabung kata lain semisal kata kerja, maka sanggar berarti tempat pertemuan untuk mengadakan tukar pikiran tentang suatu bidang atau bidang kegiatan tertentu. Contoh kalimat: Dalam sanggar kerja itu mereka membahas kelebihan dan kekurangan matematika modern. Kemudian bila disandingkan dengan kata pengantin, sanggar jadi berarti tempat kursus dan merias pengantin. Selanjutnya bila disandingkan dengan kata produksi, sanggar jadi berarti tempat berproduksi. Demikian arti sanggar menurut KBBI yang kami ketahui.
      Selanjutnya kami mulai menarik kesimpulan awal bahwa kata sanggar yang kami pilih diartikan sebagai suatu wadah atau tempat dan sarana yang digunakan oleh suatu komunitas atau sekumpulan orang untuk melakukan suatu kegiatan rutin di luar hal yang formal. Karena dewasa ini suatu tempat dengan nama "sanggar" biasa digunakan untuk kegiatan sebagai berikut:
1. Sanggar ibadah: tempat untuk beribadah biasanya di halaman belakang rumah (tradisi masyarakat Jawa zaman dulu).
2. Sanggar seni: tempat untuk belajar seni (lukis, tari, teater, musik, kriya/kerajinan dll).
3. Sanggar kerja: tempat untuk bertukar fikiran tentang suatu pekerjaan.
4. Sanggar anak: tempat untuk anak-anak belajar suatu hal tertentu di luar kegiatan sekolah, dll.

    Demikian artikel kedua ini kami sajikan pada pembaca semoga kita masih dipanjangkan umur untuk melanjutkan artikel berikutnya tentang Arti Kata Seni.

0 komentar Anda:

أشكر شكرا جزيلا والسّلام عليكم ورحمة الله وبركاته Jangan Lupa Share Sama Anak Sukamanah Yang BelOm Nyaho Blog ini Juga Sama Para Alumnus Yang Haus Informasi. Dan Kalo Sobat Punya Karya Kirim z Lewat email ini : senisantri@gmail.com atau datang z langsung ke Ruang Kesenian Lt.3 Madrasah lama, ok!(ditunggu yach!!)
S4guru-S4elmu©2015. Powered by Blogger.